Beberapa Langkah Sederhana Memulai Investasi Hotel

investasi hotel

Langkah Sederhana Memulai Investasi Hotel

Tinggal di berbagai kota besar Indonesia dengan potensi wisata menjanjikan selalu memberikan peluang bagi Anda untuk mengembangkan berbagai macam usaha ataupun berinvestasi. Hotel pun kini menjadi sebuah peluang investasi menjanjikan bagi Anda yang ingin berinvestasi. Investasi hotel biasanya dilakukan secara terfokus dengan komitmen yang kuat. Para investor harus bisa bertahan untuk berinvestasi dalam jangka waktu yang panjang, sebab untuk dapat mengukur keberhasilan melalui pendapatan, dibutuhkan waktu sekitar 5 hingga 10 tahun.
Investasi hotel juga tidak mengharuskan penanaman modal dengan jumlah yang besar. Investasi sederhana bisa dilakukan dengan mempersiapkan berbagai hal. Adapun hal-hal yang bisa dipersiapkan untuk mengembangkan hotel, meski dalam skala kecil adalah sebagai berikut.

1.    Pertama, harus ada orang yang memiliki kecakapan hotel atau pekerja housekeeping atau resepsionis untuk menjalankan pekerjaan di hotel yang Anda bangun.

2.    Kemudian Anda juga perlu menentukan desain atau konsep yang berbeda dengan menyesuaikannya pada selera Anda. Desain dan konsep yang berbeda, unik, dan menarik bisa jadi sesuatu yang mendorong banyak penyewa kamar datang.

3.    Tak hanya itu, kamar yang dijadikan sebagai tempat beristirahat haruslah dibuat senyaman mungkin. Kamar-kamar dalam hotel dibuat seragam, dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang membuat tamu mendapatkan kenyamanannya sehingga betah untuk tinggal. Berbagai fasilitas seperti guest amenities (yang meliputi setidaknya sabun, sikat gigi, handuk, pasta gigi, dan shampoo), guest supplies (seperti air mineral, gelas, hingga pemanas air, dan lain sebagainya), AC, TV, dan lain-lain.

4.    Pihak hotel juga perlu memperhatikan petunjuk keselamatan yang bisa ditampilkan dengan gambar dan peraturan menginap di tiap-tiap pintu kamar atau meja resepsionis.

5.    Dalam pengelolaannya, data-data form reservasi wajib dituliskan oleh para tamu yang menginap. Data-data ini bisa dijadikan sebagai bukti atau arsip untuk pihak hotel.

6.    Kemudian dalam investasi hotel, perlu juga memperhatikan barang-barang yang akan dipakai. Biasanya sudah ada standar-standar barang yang bisa digunakan dan tidak bisa digunakan.

7.    Selain itu, yang bisa dipertimbangkan lebih matang lagi adalah pemilihan sistem pengelolaan hotel. Investor bisa memilih sistem branded ataupun sistem swakelola. Di samping itu, membangun hotel dengan bantuan konsultan hotel juga bisa dilakukan.

Itulah beberapa hal yang perlu dijadikan sebagai pertimbangan bagi orang yang ingin menjalankan investasi hotel. Kerja keras, manajemen yang baik dalam operasionalnya, dan pemilihan lokasi serta sistem yang diterapkan dalam hotel menjadi penting untuk dipahami lebih jauh oleh para investornya. Hal inilah yang akan menentukan perkembangan hotel, pendapatan yang akan diperoleh, dan reputasi hotel ke depannya. Tak hanya itu, nilai tambah properti pun bisa diamati lebih detail seiring dengan berkembangnya hotel.


Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>